-->

Resistor


Resistor atau tahanan adalah komponen elektronika yg berfungsi antara lain sebagai pengatur arus, pengatur tegangan, pembagi tegangan, penurun tegangan, dan lain lain.
Besar kecilnya nilai resitor dinyatakan dalam satuan Ohm atau ditulis dengan huruf latin Ω (omega) dan simbolnya  ditulis dengan huruf R.



-Resistor Pull Up dan Resistor Pull Down
Pada Rangkaian Elektronika, fungsi rangkaian Resistor Pull Up dan Resistor Pull Down adalah agar tidak terjadi short tegangan saat switch/saklar dihubungkan ke ground, rangkaian ini biasanya digunakan untuk jalur on/off, jalur detect headset, detect sim card, detect memory card, dll.



-Cara Pengukuran Resistor

Dalam dunia service handphone, jarang sekali kita mengukur nilai resistor, biasanya yg kita ukur bukan nilai hambatannya, melainkan apakah resistor tersebut short ke ground atau tidak. cara pengukurannya sama seperti kita mengukur jalur "baca cara mengukur jalur pada artikel cara menggunakan multimeter". Pada pengukuran ini kedua kaki Resistor kita ukur, jika kedua kaki Resistor ground, berarti jalur tersebut kongslet/short. untuk mengatasinya baca artikel "Cara Mengatasi Short".

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Resistor"

Post a Comment

Best Crack

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel